Minggu, 15 September 2013

Senja Datang, Akankah Pagi Menjelang

Kehidupan adalah anugerah terbesar yang Allah beri kepada manusia, kehidupan adalah kesempatan terbesar yang Allah berikan untuk manusia kembali merebut hati sang Illahi untuk berada disampingnya diakhirat nanti.
Kehidupan itu selalu berjalan maju, tidak diam, apalagi berjalan mundur. Layaknya simfoni, kehidupan mengalun dengan begitu indahnya dengan dinamika nada yang tak jarang menyentuh hati, dan Allah sebagai composser yang mengatur simfoni itu hingga penuh warna nada yang klimaksnya anti mindstream.  Berbicara tentang kehidupan, tak lupa kita bicarakan pasangan mesranya yang selalu mengiringi setiap perjalanannya, yaitu WAKTU. Waktu itu bagaikan pisau tajam yang siap menebas leher jika kita tak tepat memanfaatkannya. 

"Demi masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian" [QS Al Asr : 1-2].

Ya, manusia memang benar-benar dalam kerugian jika kita sadari bahwa waktu itu berjalan terus tanpa toleransi sedikitpun juga tak bergulir mundur. Apakah manusia benar-benar dalam keadaan rugi? YA! sangat dalam kerugian bagi tiap-tiap insan yang bernyawa yang tak memanfaatkan tiap gulir lenyapnya waktu dengan hal yang baik.

"Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal soleh, saling ingat-mengingatkan dalam kebaikan dan bersabar" [QS Al-Asr :3]

Sungguh terlalu berharganya waktu untuk kita sia-siakan. Saking pentingnya waktu bahkan Allah pun bersumpah atas nama waktu. masihkah kita akan sia-siakan waktu?
Dan ketika  senja tiba dan mulai lambaikan salam perpisahan, akankah kita kembali merasakan lambaian hangat mentari senja yang antarkan kita untuk menutup mata? 
Bahkan jika mentari senja datang menjemput, akankah kita bertemu dengan hangatnya senyuman mentari pagi? Siapa yang tahu? Tak ada satu orangpun yang tahu.
Oleh karena itu sudah jelas bahwa hidup adalah hari ini, bukan kemarin ataupun esok hari. Kemarin adalah catatan kehidupan yang hasilkan hari ini, esok hari adalah misteri rahasia yang Allah siapkan sebagai hasil dari hari ini atau akan menjadi awal kehidupan yang baru yang tentu akan kekal kita didalamnya.
Tak ada alasan lagi untuk kita tidak menjalani hidup dengan baik. Tiada yang tahu esok pagi kan menyambut kita lagi, ataukah senja ini menjadi salam terakhir perpisahan dari dunia untuk kita saat mata terpejam dan takkan terbuka lagi.

Wallahu'alam bisawab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar